Tak Berkategori

Cerewet

“Ih, dasar cewek, cerewet!” Pernahkah Anda ‘diejek’ lawan jenis Anda dengan kata-kata itu? Saya pernah. Dan saya tidak marah karena memang benar 😂 Benar juga kata kandidat doktor bidang PAUD, mbak Mukti Amini Farid; bahwa karena cerewet itulah wanita bisa melakonkan perannya dengan baik. Ibu yang cerewet akan sangat membantu kemampuan komunikasi si anak. Kemampuan verbal si anak akan terasah dengan baik dibanding Ibu yang pendiam.

Mengapa wanita relatif lebih cerewet daripada pria? Sebenarnya, ini hanya satu dari beberapa perbedaan pria dan wanita yang disebabkan oleh perbedaan struktur otaknya. Menurut penelitian, terdapat perbedaan struktur otak antara perempuan dengan laki-laki yang terbentuk sejak dalam kandungan. Perbedaan struktur otak ini sudah terlihat ketika bayi berusia 26 minggu. (Reuwen dan Anat Achiron, 2001). Michael Guriaan dalam bukunya What Could He Be Thinking menjelaskan, bawah perbedaan mendasar antar kedua jenis kelamin itu adalah:

1.Dibanding perempuan, otak laki-laki cenderung berkembang dan memiliki spasial yang lebih kompleks. Oleh karenanya, berbagai kemampuan spasial seperti perancangan mekanis, pengukuran penentuan arah abstraksi, dan manipulasi benda-benda fisik, relatif lebih dikuasai kaum lelaki.

2.Korteks otak lelaki lebih banyak tersedot untuk melakukan fungsi-fungsi spasial dan cenderung memberi sedikit porsi untuk memproduksi dan menggunakan kata-kata. Hal sebaliknya terjadi pada perempuan, sehingga kemampuan verbal (berbahasa) pada perempuan relatif lebih baik.

3.Kumpulan saraf yang menghubungkan otak kiri-kanan atau corpus collosum otak laki-laki lebih kecil dibanding otakperempuan. Bila otak pria hanya menggunakan belahan otak kanan, otakperempuan bisa memaksimalkan keduanya. Itulah mengapa perempuan lebih banyak bicara ketimbang pria. Dalam sebuah penelitian disebutkan, perempuan menggunakan sekitar 20.000 kata per hari, sementara pria hanya 7.000 kata.

4.Kemampuan perempuan dalam memaksimalkan kedua belahan otaknyajuga membuat perempuan rata-rata lebih mampu mengerjakan banyak hal sekaligus dalam satu waktu, sementara pada lelaki umumnya fokus pada satu pekerjaan dalam satu waktu.

5.Otak perempuan lebih banyak mengandung serotonin yang membuatnya bersikap tenang. Tak anehjika wanita lebih kalem ketika menanggapi ancaman yang melibatkan fisik, sedangkan laki-laki lebih cepat naik pitam.

6.Pusat memori (hippocampus) pada otak perempuan lebih besar ketimbang pada otak pria, sehingga relatif mudah lupa, sementara perempuan bisa mengingat segala detail.

7. Sementara berdasarkan penelitian lain, ternyata amigdala (bagian otak yang mengatur emosi) pada perempuan lebih cepat bekerja saat menerima rangsang emosional dibanding lelaki.


Nah, sekarang sudah tahu kan, mengapa pada beberapa hal, pria berbeda dengan wanita? Jadi, tak usah marah-marah jika dibilang cerewet, karena itu memang normal-normal saja 


hyaaa 😅

Iklan
Tak Berkategori

Bangkrut dan Impoten

Hidup itu kejam, bukan lagi aneh. Hal terpenting dalam hubungan menurut saya adalah komunikasi 2 arah dan kejujuran agar kepercayaan tersemat selamanya. Ini modal pertama untuk menancap pondasi rumah tangga. Kalau masa pacaran saja sudah main umpet-umpetan, seterusnya sampai kiamat juga bakal seperti itu.
Ini gue ambil secara copas dari tulisan akun fb bernama Estiana Arifin

Teman gw akhirnya bercerai juga. Setelah mencoba bertahun-tahun mempertahankan rumah tangga. Istrinya mendapat rumah beserta isinya serta anak mereka. Teman gw keluar dengan mobil cicilan yang belum lunas. Dia baru saja resign dari pekerjaan sebelumnya dan sekarang merintis usaha baru dari 0.


“Perceraian membangkrutkan laki-laki,” katanya. Tabungannya dibagi dua dengan istri sebagai harta gono-gini. Dia masih harus tiap bulan memberi biaya hidup pada anaknya sesuai keputusan pengadilan. Uang untuk itumengikis tabungannya. Sementara dia harus membayar kontrakan, cicilan mobil, biaya hidupnya sendiri. Usahanya baru saja akan merangkak. Dia harus berhemat.


“Otomatis gw impoten,” katanya datar. Gw diam aja. Dalam hati gw prihatin. Buat gw memang dunia ini aneh. Suami baik-baik dapet istri bajingan. Perempuan tulus, dapet laki-laki sialan. Orang yang sungguh-sungguh dan menghormati komitmen, dapat pasangan si culas yang busuk perangai. Orang yang licik dan egois malah dapat pasangan baik hati dan jujur. Pusing kepala. Kenyataan seperti ini membuat hati gw hambar.


Bos gw dulu punya 3 rekening. 1 rekening yang diketahui istrinya, 2 lagi rekening rahasia yang tuhan pun tak dikasi lihat. Dia tidak sepenuhnya jujur tentang keuangan, padahal istrinya gw kenal sebagai perempuan sederhana yang tidak akan bertindak merugikan dirinya. “Ntar kalau ada apa-apa, apa semua harta benda dan duit yang gw pegel-pegel cari harus gw bagi dua? Kere dong gw?” kata mantan bos. Iya juga, kalau jujur akan seperti teman gw. Dia jujur soal keuangan sejak masih pacaran. Sayang istrinya setelah menjadikan dia mesin ATM, minta cerai ujungnya. Teman gw akhirnya hanya punya hutang dan tinggal nafas doang. Malah kontol pun ga bisa ngaceng lagi saking berat bebannya.


Hanya, yang dilakukan mantan bos gw itu buat gw mengerikan, sekaligus menyakitkan. Kalau gw jadi istri pria model begitu, itu akan membuat gw berduka. Alangkah pedih, orang yang hidup bersama-sama tapi tidak sepenuhnya menaruh kepercayaan, malah berpikir kita bisa saja merugikannya. Ini sangat menyakitkan daripada kenyataan dia pelit soal duitnya. Hubungan pernikahan seperti apa itu, tidak sepenuhnya? Tapi ketika sepenuhnya malah kayak teman gw, dibangkrutan perceraian dan berakhir impoten.

Tak Berkategori

7 Cara Cepat Meredakan Pertengkaran Dengan Pasangan

Bete ya kalau lagi bertengkaran. Kepala pun juga pusing. Gue juga pernah bertengkar. Topik masalahnya cuma satu. Ah gue gak mau nyebutinnya. Lebih baik amnesia hehe

Ini gue copas dari kelascinta.com. 

Percaya atau tidak, bertengkar dengan pasangan ternyata sehat, lho. Tetapi, pertengkaran yang sehat adalah yang konstruktif, bukannya destruktif. Pertengkaran diperlukan untuk membahas perbedaan dan kebutuhanmu pada pasangan. Namun, yang bikin pertengkaran dengan pasangan tidak sehat adalah kalau kalian saling membentak dan menyakiti.

Begitu pertengkaran dimulai, sulit rasanya menenangkan diri dan mencoba meredakan situasi. Tahu-tahu semuanya sudah di luar kendali dan rasanya seperti tidak bisa kembali seperti dulu lagi. Jangan bersedih dulu. Sebenarnya, ada banyak cara meredakan pertengkaran agar kalian cepat baikan.

Bagaimana caranya? Pertama-tama, tenangkan dulu dirimu, tarik napas dalam-dalam, dan ingat, kamu ingin masalah selesai dan berbaikan dengan pasangan. Setelah itu, pelajari caranya meredakan pertengkaran dengan pasangan berikut ini.

1. Fokus Pada Apa yang Kamu Rasakan Saat ini

kesalahan dan ucapan pasangan dalam pertengkaran, fokus pada apa yang kamu rasakan saat ini. Artinya kalian peduli satu sama lain dan kamu ingin fokus pada perasaan pasangan juga. Tidak hanya meredakan pertengkaran, pasangan akan merasa dimengerti olehmu.

Atasi pertengkaran dengan kelembutan dan kebaikan. Jika pasangan tidak merasa dimengerti, dia makin sedih dan sulit diajak menyelesaikan masalah bersamamu.





Tak Berkategori

UNTUK APA AGAMAMU…..?????

Tulisan ini menarik, tapi entah siapa yang menuliskannya.
Dulu agama menghancurkan berhala…

Kini agama jadi berhala…

Tak kenal Tuhannya…

Yang penting agamanya…

Dulu orang berhenti membunuh karena agama…

Sekarang orang saling membunuh karena agama…

Dulu orang saling mengasihi karena beragama…

Kini orang saling membenci karena beragama….

Agama tak pernah berubah ajarannya dari dulu…

Tuhan nya pun tak pernah berubah dari dulu…

Lalu yg berubah apanya? 

Manusia nya?

Dulu orang belajar agama sebagai modal, untuk mempelajari ilmu lainnya…

Sekarang orang malas belajar ilmu lainnya, maunya belajar agama saja…

Dulu pemimpin agama dipilih berdasarkan kepintarannya, yg paling cerdas di antara orang2 lainnya ….

Sekarang orang yg paling dungu yg tidak bisa bersaing dengan orang2 lainnya, dikirim untuk belajar jadi pemimpin agama…

Dulu para siswa diajarkan untuk harus belajar giat dan berdoa untuk bisa menempuh ujian…

Sekarang siswa malas belajar, tapi sesaat sebelum ujian berdoa paling kencang, krn diajarkan pemimpin agamanya untuk berdoa supaya lulus…

Dulu agama mempererat hubungan manusia dengan Tuhan… 

Sekarang manusia jauh dari Tuhan karena terlalu sibuk dengan urusan2 agama…

Dulu agama ditempuh untuk mencari wajah Tuhan

Sekarang agama ditempuh untuk cari muka di hadapan Tuhan.

Esensi beragama telah dilupakan…

Agama kini hanya komoditi yg menguntungkan pelaku bisnis berbasis agama karena semua yg berbau agama telah didewa-dewakan, tak kan pernah dianggap salah, tak pernah ditolak, dan jadi keperluan pokok melebihi sandang, pangan, papan.

Agama jadi hobi, tren, dan bahkan pelarian karena tak tau lagi mesti mengerjakan apa.

Agama kini diperTuhankan , sedang Tuhan itu sendiri dikesampingkan.

Agama dulu memuja Tuhan…

Agama kini menghujat Tuhan…

Nama Tuhan dijual, diperdagangkan, dijaminkan, dijadikan murahan, oleh orang2 yg merusak, membunuh, sambil meneriakkan nama Tuhan…

Tuhan mana yang mengajarkan tuk membunuh? 

Tuhan mana yg mengajarkan tuk membenci?

Tapi manusia membunuh, membenci, mengintimidasi, merusak, sambil dengan bangga meneriakkan nama Tuhan, berpikir bahwa Tuhan sedang disenangkan ketika ia menumpahkan darah manusia lainnya. 

Agama dijadikan senjata tuk menghabisi manusia lainnya.

Dan tanpa disadari manusia sedang merusak reputasi Tuhan, dan sedang mengubur Tuhan dalam2 dibalik gundukan aturan agama.
Sebarkan agar banyak yg sadar dan melek.

Tak Berkategori

Yakin Dalang G-30S adalah PKI

Melalui penelitian bersama Ruth Mcvey dan Frederick Burnell itu, pria yang bernama lengkap Benedict Richard O’Gorman (ROG) Anderson ini menjungkir balikkan sejarah resmi versi Orde Baru tentang Gerakan 30 September (G30S) 1965.  

Dalam suatu wawancara, pria kelahiran Kunming pada 26 Agustus 1936 ini pernah menyatakan, logika yang dibangun Orde Baru mengenai G30S 1965 dengan menyebut Partai Komunis Indonesia (PKI) sebagai dalangnya sangat tidak masuk diakal.

Dengan menggunakan sumber-sumber media pada masa itu yang masuk ke Cornell University di Ithaca, Amerika Serikat, Ben Anderson yang masih kuliah mengajak seniornya Ruth Mcvey dan adik kelasnya Frederick Burnell melakukan penelitian singkat.

ㅤㅤ 

Sumber-sumber media yang digunakan adalah yang terbit di daerah-daerah dan belum dikuasai tentara Orde Baru di Jakarta, seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Medan, dan lainnya. Hingga tiga minggu setelah G30S, media-media itu belum dilarang. 

Sedikitnya ada beberapa poin penting yang berhasil dipetik dari analisis awal itu. Pertama, Bung Karno tidak terlibat G30S dan sama sekali tidak mendapatkan keuntungan dari peristiwa berdarah ini. Sebaliknya, G30S membahayakan dirinya. 

ㅤㅤ 

Poin kedua mengenai PKI sebagai dalang G30S tidak benar. Tudingan ini sangat tidak masuk logika, karena PKI pada waktu itu sedang berada di atas angin dan pengaruhnya terhadap Bung Karno cukup besar. Hal ini jelas menguntungkan posisi PKI. 

ㅤㅤ 

Ketiga adanya perselisihan atau masalah dalam tubuh Angkatan Darat (AD). Menurut mereka, sudah lama berkembang sikap kritis di kalangan para perwira di Kodam Diponegoro, Jawa Tengah terhadap para perwira Diponegoro di Jakarta. Para perwira di Semarang melihat senior mereka di Jakarta telah bertindak korup, suka bermain perempuan, dan bermewah-mewahan. Mereka dianggap telah mengkhianati prinsip-prinsip kerakyatan, serta kesederhanaan seorang tentara rakyat.
Mangkanya zaman orde baru rakyat gak boleh berbicara tentang PKI. Rakyat hanya boleh menonton film G-30spki. Setelah menonton film ini banyak pertanyaan yg timbul 

1. Kenapa suharto gak kena culik?? 

2. Semua jendral terculik kenapa suharto gak kecolek?? 

3. Kemana suharto tgl 29- 30 september??

PKI HANCUR MENDADAK SUHARTO MENJADI PAHLAWAN

Mengapa brosis? Kesimpulan untuk jawaban diatas adalah sejarah akhirnya ditulis ulang oleh Pemenang 

hahaha

Selengkapnya: https://daerah.sindonews.com/read/1070825/29/ben-anderson-dan-kudeta-militer-1-oktober-1965-1450531588/

Tak Berkategori

7 Ilustrasi Sederhana Ini Ingatkan Kita tentang Pedihnya Perceraian

Setiap pasangan yang sudah menikah tentu menginginkan rumah tangganya selalu harmonis. Namun karena kehadiran orang ketiga atau hal lain yang disertai oleh komitmen yang nggak kuat, akhirnya perceraian menjadi ancaman yang akan muncul di depan mata. Seorang ilustrator dengan nama pena Mac berusaha menuangkan seperti apa pedihnya perceraian yang dirasakan anak-anak ketika orangtuanya berpisah. Meski sederhana, 7 gambar ini memiliki makna dan pesan yang begitu dalam.


1. Begini kondisinya ketika keluarga hidup bahagia sebelum muncul pemicu perceraian. Mac menggambarkan mereka berada di ujung 2 tebing dan berpijak pada 2 papan.


2. Di sini, Mac menggambarkan ancaman perceraian yang terjadi karena orang ketiga. Mungkin pada saat orang tersebut muncul, nggak banyak anggota keluarga yang menyadari dan kondisi rumah tangga masih baik-baik saja.


3. Ketika sang ayah memutuskan untuk memenuhi nafsunya tanpa memikirkan kembali janji suci dan komitmen yang telah ia buat, maka keluarga yang ia bangun mulai goncang. Hal ini digambarkan oleh anak yang selama ini mengandalkan pijakan ayahnya akan jatuh ke jurang.


4. Mungkin pada gambar ini kita baru memahami kenapa posisi anak berada tengah-tengah. Mereka berdua masih bergantung kepada orangtua dan ketika perpisahan terjadi, anaklah yang paling merasakan dampaknya.


5. Wanita mana yang nggak kecewa ketika pasangan hidupnya memulai hidup baru dan memiliki anak, sedangkan anaknya yang lain ditelantarkan.



6. Nggak sedikit single parent yang merasa membutuhkan pendamping hidup. Namun nggak sedikit juga single parent yang merasa lelah dengan kehidupan lamanya dan ingin membangun keluarga baru.


7. Bayangkan apa yang terjadi ketika sang ibu memutuskan untuk meninggalkan anak-anaknya, maka mereka nggak bisa mengandalkan siapapun untuk bertahan dan akan jatuh ke dalam jurang.

Nggak semua perceraian memiliki cerita yang sama seperti di atas. Namun apa yang disampaikan Mac melalui ilustrasi ini juga mengingatkan kita yang masih muda dan belum menikah untuk menyadari bahwa menikah itu nggak semudah yang dipikirkan guys. Buat yang sudah menikah, semoga ilustrasi di atas membuat kita selalu ingat akan komitmen, tanggung jawab serta tujuan hidup bersama dengannya.